31 Desember 2017

Menyapih Dengan Kasih

Malam ini adalah malam kelima Anak berangkat tidur malam tanpa menyusu walaupun ada saya di rumah. Insya Allah udah boleh dong ya bilang kalo dia udah berhasil disapih :D Hehehe..

Malam pertama digendong sambil nyanyi
Malam kedua tidur di mobil terus ditepuk-tepuk pas dipindahin ke kasur
Malam ketiga baca buku terus nyanyi
Malam keempat tidur di mobil terus kelonan
Malam kelima baca buku, digendong, nyanyi, ditepuk-tepuk

So far so good, cuma jam tidurnya jadi mundur (banget!)
Semoga bisa segera balik normal :)

Oh iya, setelah disapih jadi semakin nempel sama ibunya. Mungkin ingin memastikan kalau kasih sayang Mama tetap sama walaupun udah nggak menyusui.

👆 Itu yang di atas adalah draft yang udah tersimpan sejak November hahaha.. Alhamdulillah mulai 4 November 2017 Anak resmi disapih di usia 2 tahun 1 bulan 2 minggu *lengkap amat hahaha*

Sejak dia dua tahun udah mulai lah eyang-eyang "menghimbau" untuk menyapih, tapi waktu itu saya cuek aja karena nggak pengen menyapih paksa. Saya yakin akan ada saatnya Anak dan saya siap untuk berpisah sama kegiatan menyusui.

Sebenernya sejak dia 1,5 tahunan udah sering dikasih tau kalau nanti mimik Mama cuma sampai 2 tahun, tapi ya santai aja gitu ngasih taunya. Penurunan frekuensi menyusu juga berjalan dengan sendirinya, tanpa saya batasi secara sadar. Intinya dia sejak 2 tahun itu udah suka "lupa" nyusu karena asik main atau apa lah, tapi begitu lihat saya langsung minta nyusu 😂

Nggak lama setelah ulang tahunnya yang kedua, saya dinas ke Samarinda selama 5 hari 4 malam. Statusnya belom disapih kan tuh, tapi saya yakin Anak sebenernya udah bisa kok ditinggal tanpa nyusu. Setiap pagi sampe malem sih bener asik-asik aja, cuma kalo malem suka ngamuk nyariin hehe.. Tiap malem trial and error strategi, nyoba video call, nyoba nggak video call, dll. Untung Andy super keren dan sabar berduaan sama Anak di rumah uuuu trimakasih Papaaaa 😘 Begitu saya pulang ya langsung nyusu lagi huahahaha..

Trus nggak lama setelah itu pas lagi ngobrol sama temen tentang penyapihan, dia bilang "Elu-nya kali yang belom siap makanya belom berhasil". Jengjeng! Waktu itu sih saya nggak ngerasa hahahaha tapi setelah dipikir-pikir bener juga, saya nggak siap kehilangan "kuncian" solusi dari segala masalah. Kalo masih nyusu kan Anak ngamuk kek, kesel kek, sedih kek, apalah masalah yang ada langsung hap! Sumpel ASI dan semua jadi baik-baik aja wkwkwk.. Selama ini kalau Anak langsung minta nyusu saat "ada apa-apa" saya suka bilang "Nak, nggak selalu semua masalah bisa selesai dengan nyusu" tapi ternyata sayalah yang lebih perlu menghayati kalimat itu huahahaha.. Okelah, berarti saya nih yang mesti menyiapkan diri.

Nggak sampe sebulan setelah dinas ke Samarinda, saya dinas lagi ke Singapura selama 4 hari 3 malam. Kali ini briefing lebih gencar dan strategi juga udah lebih mantap. Alhamdulillah berjalan lancar tanpa ngamuk kayak sebelumnya. Trus pas di Singapura, pas lagi jalan-jalan sendirian tau-tau saya WhatsApp Andy bilang "Aku insya Allah udah siap nyapih. Habis aku pulang kita sapih ya". Yay! Memanglah jalan kaki sendirian, mendengarkan sekitar sambil membiarkan isi kepala berisik sendiri sampai akhirnya mencapai kejernihan itu penting hehe..

Ya udah deh tuh, pas saya pulang pastinya nggak langsung berhenti nyusu sih, tapi briefing kalau dia sudah dua tahun dan mimik Mama diganti sama peluk dan minum susu kotak semakin digencarkan. Trus nanya juga ke ibu daycare-nya Anak, katanya tipsnya adalah cari momentum, misalnya tiup lilin pas ulang tahun sebagai "garis finish". Hmmm tapi kan kami nggak ulang tahunan, ulang tahunnya pun udah lewat 🤔 Ya udah deh, bikin aja tiup lilin sendiri! Ahahaha..

Briefing pun diganti, jadi "Hari Sabtu kita tiup lilin ya, habis tiup lilin kamu nggak mimik Mama lagi". Trus Anaknya request mau tiup lilinnya di rumah Eyang Aki di Bogor, jadi yuuuk mari dikabulkan plus pesen pie brownies andalan di Maraca.

Pas hari H, alhamdulillah lancaaaar.. Setelah tiup lilin Anak bilang sendiri "Tiup lilin.. Nggak mimik Mama!" sambil ketawa-ketawa. Trus tidurnya gimana? Tuh udah diceritain di atas hehehe..

Alhamdulillah sampe sekarang so far so good. Suka tiba-tiba bilang "Nggak mimik Mama!" hihi.. Mungkin mengingatkan ke diri sendiri kalo terbersit keinginan nyusu ya.. Jam tidur udah lebih manageable walau nggak kembali ke jam 19.30 kayak pas masih nyusu dulu.

Milestone ini ngasih pelajaran penting banget buat saya yaitu tentang kesiapan anak dan keikhlasan ibu. Selagi nggak ada hambatan perkembangan, insya Allah anak akan siap pada waktunya tentang berbagai hal. Toilet training, bicara, motorik halus, membaca, menulis, daaaan lain-lain. Percaya terus sama fitrah dari Allah, percaya terus sama anak, dan sabarlah dalam memberi stimulasi. Selain itu, ikhlas lah untuk melepaskan. Tugas ibu bukan terus-menerus ngekepin anak, tapi memberikan hati dan selalu merentangkan tangan agar anak bisa terbang dengan tenang karena tahu selalu ada tempat pulang :) Waktu awal menyapih saya sempat agak sedih takut kehilangan momen menyusui sambil pelukan sama anak, tapi ternyataaaa setelah disapih kami tetap bisa pelukan pas mau tidur bahkan berbonus ngobrol-ngobrol menyenangkan dan tatap-tatapan sayang ❤️ So much win!

Alhamdulillah..
Semoga kita terus bisa bekerja sama dan bertumbuh barengan ya, Nak :)
Mama sayang sekali sama kamu..

Update
Oh iya lupa, selain dikasih briefing, saya juga ngajak anak untuk berdoa. "Ya Allah, mudahkanlah aku dan Mama dalam prises penyapihan dan berikanlah kegembiraan dalam menjalani dan setelahnya. Aamiin." gitu..
Be First to Post Comment !
Posting Komentar